MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Menjaga Performa Komponen Pengereman

Menjaga Performa Komponen Pengereman
Sadarkah anda ada beberapa faktor yang mampu membuat laju motor optimal? Mesin? Tentu saja. Komponen pengapian dan kelistrikan? Iya itu juga. Satu lagi nih, komponen pengereman!
Lho kok bisa? Rem kan justru bikin motor jadi lambat! Gini-gini penjelasannya, kalau motor anda gak ada rem-nya, berani gak membawa motor dengan performa maksimal? Dijamin gak bisa deh. Sayang nyawa! 
Nah makanya selalu jaga performa kondisi sistem pengereman biar bisa berkendara dengan pede. Yoi, tarik handle rem dikit, laju motor bisa dikendalikan. Kan asyik tuh!
Paling standar, biasakan untuk selalu memperhatikan kondisi kampas rem depan belakang. Ganti brake pad dan brake shoe yang sudah habis.
Selain rutin mengganti kampas rem depan-belakang, biasakan juga untuk membersihkan komponen caliper rem depan secara berkala. Biar gak mampet dan mampu bekerja dengan optimal.
Nah, dalam caliper, ada tuh komponen bernama piston caliper yang berfungsi untuk menekan kampas rem ke piringan cakram. Piston caliper wajib dibersihkan dan dilumasi agar gerakan menekan kampas selalu lancar. Gak mampet, atau gak ngunci!
Jadi, dalam proses perawatan sistem pengereman, khususnya proses pembongkaran rem cakram, kita dianjurkan untuk menambahkan Gemuk pada bagian-bagian tertentu, yaitu pada bagian Caliper dan master cylinder.                                                                                                                                                                 
Para mekanik seringkali menggunakan Gemuk umum yang didapat di pasaran. Bahkan yang lebih ekstrim, beberapa mekanik bengkel umum ada yang menggunakan media lain untuk melumasi bagian tersebut, seperti balsem, minyak rambut tipe tancho, atau Gemuk bekasPenggunaan Gemuk yang sembarangan, dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen pengereman, dikarenakan bahan dasar Gemuk yang salah dapat membuat material Rubber/ karet pada Caliper dan Master Cylinder mengeras atau menjadi rusak. Atau bila terdapat kandungan air pada Gemuk, dapat menyebabkan karat pada komponen yang terbuat dari logam. Sehingga pada akhirnya akan mengganggu fungsi pengereman yang membahayakan keselamatan, Sekian dulu share saya kali ini, Semoga Bermanfaat



Tag : CUB, MATIC, Motor, Roda, SPORT
0 Komentar untuk "Menjaga Performa Komponen Pengereman"

Back To Top