MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

BAHASA MEKANIK MOTOR STANDART

Bahasa Mekanik Indonesia.
Sebagai pengguna sepeda motor pasti pernah mampir ke bengkel dong! Tentu buat perawatan berkala atau memperbaiki motornya ketika ada yang rusak. Nah yang namanya mekanik tentu udah paham dong caranya ngecek kondisi motor. Apalagi kalau motor anda dipegang sama mekanik  yang udah berpengalaman.
Tapi kadang-kadang anda suka bingung ketika mendengar laporan mekanik pas selesai beresin motor. Misalnya, “Lahernya Oblak nih Pak!” atau “Sehernya udah baret!”. Begitu cek di katalog spare parts, malah jadi bingung. Kok gak ada nih yang namanya Laher ama Seher?
Jangan keburu mikir ditipu mekanik. Positive thinking dong! Emang ada beberapa istilah dalam mesin motor yang bahasanya rada unik. Wajar, sebab emang kata serapan sih (warisan penjajah). So, kali ini bakal Motor Standart bahas beberapa istilah motor, Yuk disimak.
Busi
part kecil-kecil cabe rawit ini merupakan salah satu komponen vital buat di kendaraan bermotor. Nah asal kata busi ternyata berasal dari Bahasa Belanda yaitu Bougie.
Seher
Pasti brosis sering denger sama komponen yang satu ini! Yup, seher berasal dari Bahasa Belanda yaitu Zuiger yg dibaca swiher. Ketika diucapkan oleh lidah Indonesia ya jadi seher, alias Piston!
Laher
Ini juga nama salah satu komponen yang sering banget beredar di kalangan mekanik. Biasanya dipadukan dengan kata Oblak alias peyang. Yup, Laher adalah istilah lain dari Bearing yang berasal dari Bahasa Belanda yaitu Lager.
Noken As
Alias camshaft. Kalau nama komponen yang satu ini emang udah jadi bahasa Indonesia yg baku. Diserap dari Bahasa Belanda yaitu Nokkenaas. Komponen ini berfungsi untuk mengatur waktu membuka dan menutup  klep sehingga klep bisa teratur pada saat motor bekerja.
Kruk As
Mungkin ada yang belum ngeh komponen yang mana sih Poros Engkol itu. Tapi kalau bilang Kruk As, bisa jadi Brosis langsung paham.  Istilah ini berasal dari Bahasa Belanda juga yaitu Krukaas. Bahasa kerennya sih Crankshaft. 
Kiprok
Pernah gak anda ngalamin kebingungan ketika mencari suku cadang yang satu ini di katalog resmi? Ya gak bakal nemu lah! Soalnya nama asli dari komponen ini adalah Regulator/Rectifier (RR). istilah Kiprok muncul karena dulunya komponen ini terbuat dari tembaga yang bahasa kerennya Cuprum.  Emang dasarnya lidah orang Indonesia yg keseleo kalo ngomong cuprum-cuprum terus. Akhirnya lama-lama jadi kiprok deh. 
Sepul
Nah ini dia yang suka sering disebut-sebut. Sepul adalah generator mini yang menghasilkan daya listrik agar motor Brosis bisa melaju. Daya listrik ini juga akan disimpan di aki untuk keperluan lampu dan klakson. Sepul merupakan serapan dari Bahasa Belanda yaitu Spoel yg berarti gulungan! Sebab isinya sepul kan memang gulungan tembaga.
Keteng
Kalau motor anda berbunyi tek-tek-tek di bagian head silindernya, ada kemungkinan cam chain atau yang biasa disebut rantai keteng-nya kendor. Tapi tau gak sih kalo istilah keteng itu berasal dari Bahasa Belanda, Keten yang artinya rantai. Segala jenis rantai ya disebutnya keten. Tapi kalau di Indonesia, nyebut rantai keteng sih pasti kepikirannya rantai yg ada di dalem head silinder, lucu juga ya kalau ngomong rantai keteng. Artinya jadi rantai rantai dong. Hehehe. 
Namanya Bahasa Indonesia, wajar aja kalau ada serapan-serapan dari bahasa lain. Apalagi Belanda. Yang penting anda paham nama asli komponen tersebut biar gak puyeng gara-gara gak nemu parts yg anda cari di katalog spareparts. Mungkin ada yang mau kasih tambahan istilah-istilah jeroan motor lainnya? Boleh banget! Silahkan ditambah di coment yang ada dibawah posting ini, sekian dari saya Semoga Bermanfaat


Tag : Motor, Other
0 Komentar untuk "BAHASA MEKANIK MOTOR STANDART"

Back To Top