MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Bahaya Blind Spot bagi Pengendara Sepeda Motor

Bahaya Blind Spot bagi Pengendara Sepeda Motor
Anda, pada nyadar nggak sih kalau kebanyakan kecelakaan terjadi gara-gara bikers nggak paham sama yang namanya blind spot. Istilah ini artinya area sekitar yang nggak terlihat pas kita lagi nyetir.
 Penyebabnya emang karena terbatasnya pandangan kaca spion atau pun terhalang kendaraan lain dan barang bawaan kita. Intinya, makin besar blindspot, maka makin besar pula resiko kecelakaan.
   Biasanya bikers ngakali dengan pasang kaca spion datar atau cembung, atau malah kombinasi keduanya. Meski keliatan norak, yang penting safety . Buat anda yang nggak mau celaka gara-gara blindspot, ini ada tipsnya.
Usahakan nggak terlalu lama ngendon di samping mobil, truk, atau bus. Karena besar kemungkinan mereka nggak bakal nyadar sama keberadaan kalian.
Bunyikan klakson pas nyalip kendaraan yang lebih besar.
Jangan pernah ngira kalau pengemudi mobil, truk, atau bus itu tahu keberadaan Anda. Karena ukuran kendaraan yang lebih besar, mereka juga punya blind spot.
Jaga jarak aman saat berkendara, entah itu ketika di belakang atau di samping kendaraan lain.
Usahakan konsisten berada di satu jalur dan hindari memotong jalur lain.
Kalaupun mau motong jalur, kasih kesempatan pada kendaraan lain buat menyelesaikan beloknya.
Hindari nyalip dari sisi dalam tikungan. Kejadian ini biasa terjadi pas ada putar balik (U-Turn) maupun belokan. Motor sebaiknya nggak nyalip dari sisi dalam, karena bisa terjepit trotoar atau pembatas jalan.
Saat touring, usahakan jaga jarak antar motor. Jika bikers di depan memotong jalur, jangan keburu-buru latah. Perhatikan jarak dan kecepatan, Demikian yang bisa saya share kali ini, semoga artikel ini menjadi pengetahuan kita bersama, 
Semoga Bermanfaat.   


Tag : CUB, MATIC, Motor, Other, SPORT
0 Komentar untuk "Bahaya Blind Spot bagi Pengendara Sepeda Motor"

Back To Top