MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Motor Standart Injeksi, Pilih Busi Berkode R

Motor Standart Injeksi, Pilih Busi Berkode R
Anda, pasti udah tau nih kalau motor Honda sekarang seluruhnya udah menggunakan sistem pengabutan injeksi yang terkenal irit BBM, minim polusi, namun performanya tetep mak joss!  Nah buat anda yang udah menggunakan motor injeksi, mesti rada hati-hati nih dalam memilih busi. Soalnya businya rada beda nih!
Secara kasat mata emang bentuknya sama aja sih. Jangan dibayangin kalau buat motor injeksi bakalan ukurannya yg berbeda atau bentuknya yg jadi aneh. Perbedaannya terletak pada komponen Resistor pada businya!
Nah, busi dengan tambahan resistor lazimnya diberi tambahan huruf R pada kodenya. Misalkan Supra X125 karbu memiliki kode busi C7HSA, maka Supra X125 FI memiliki kode busi CR7HSA. Emangnya apa sih bedanya?
Oke kita jelasin dulu nih . Motor dengan sistem pengabutan injeksi  memiliki sensor-sensor untuk meningkatkan performa kinerja motor. Data dari sensor-sensor ini akan diproses di Electronic Control Module (ECM) untuk menghasilkan sistem pembakaran yang optimal.
Namun sensor-sensor ini gak bisa menerima gangguan elektromagnetik tinggi. Nah, busi adalah salah satu komponen yang menghasilkan gelombang elektromagnetik yang tinggi pada saat motor dihidupkan. Jadi dengan adanya resistor, gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan pada busi dapat diredam sehingga kinerja sensor-sensor dapat terjaga.
Berarti pakai motor injeksi lebih ribet dong? Ya nggak lah. Justru pakai motor injeksi lebih minim perawatan kok. Sensor-sensor, throttle body, dan injektornya kan gak perlu dicek atau dibersihin berkala kayak bersihin karburator. 
Sekarang ini motor injeksi udah gak aneh lagi, jadi nyari spareparts kayak busi dengan kode R juga udah gak susah. Banyak kok yang menjual busi khusus injeksi.
Trus kalau ada yang nanya efek menggunakan busi ber-resistor buat motor karburator gimana? Tentunya gak ngaruh dong.  Kan motor karburator gak ada sensor-sensornya. Jangan sampe tertipu ulah pedagang nakal yang bilang kode R itu adalah singkatan dari Racing! Sekian share dari saya. Semoga Bermanfaat
0 Komentar untuk "Motor Standart Injeksi, Pilih Busi Berkode R"

Back To Top