MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

MOTOR STANDART Pakai Nitrogen apa Oxygen

Untung ruginya isi angin ban dengan Nitrogen
Ban motor kempes? Jangan didiamkan terlalu lama. Apalagi cuek dipakai jalan. Mending buru-buru isi angin. Tapi sekarang ada juga yang menawarkan isi angin nitrogen. Memang apa bedanya ya?
Belakangan ini memang marak nih soal mengisi angin dengan nitrogen. Katanya sih punya banyak keunggulan dibandingkan isi angin biasa. Memang, mengisi angin ban dengan nitrogen punya kelebihan tidak cepat panas karena memiliki jumlah molekul lebih besar sehingga tidak mudah kempes dan panas.
Selain itu, menggunakan nitrogen juga membuat lebih nyaman dalam berkendara, karena bantingan ban motor honda kesayangan bakal lebih empuk. Penjelasan ilmiahnya karena gas nitrogen dapat menjaga elastisitas ban sehingga kelenturan karet semakin terjaga.
Beberapa keuntungan lain dari menggunakan Nitrogen adalah tekanan ban terjaga lebih lama, daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal, memperpanjang umur pakai ban karena tekanan tepat, habisnya ban akan merata, tidak terjadi oksidasi pada karet ban, dan tidak membantu menimbulkan karat.
Meski banyak keuntungannya, menggunakan nitrogen juga punya beberapa kelemahan. Salah satunya, motor harus sering digunakan. Jika tidak digunakan beberapa hari maka tekanan udaranya akan cepat menurun. Gas nitrogen didalam ban tersebut akan cepat keluar karena pengaruh udara diluar yang lebih dingin dan akibat grafitasi.
Nah kalau tekanan nitrogen sudah berkurang, anda enggak bisa sembarangan menambahkannya dengan angin biasa. Harus nitrogen lagi. Jika ingin balik menggunakan angin biasa, harus kuras habis dulu semua nitrogennya, baru isi angin biasa.
Kelemahan terakhir,  ketersediaan bengkel yang menggunakan nitrogen masih belum merata nih. Kalau anda tinggal di kota besar mungkin tidak sulit menemukan tempat pengisian nitrogen untuk ban motor Honda kesayangan. Tapi bagaimana jika sedang keluar kota seperti touring? Nah, bingung deh jadinya. Tapi bagaimanapun juga, baik mengisi angin dengan Oxygen ataupun nitrogen punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal anda saja yang bijak dalam menentukan pilihan. Sekian dari saya dan semoga bermanfaat
Tag : CUB, MATIC, Roda, SPORT
0 Komentar untuk "MOTOR STANDART Pakai Nitrogen apa Oxygen"

Back To Top