MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

New Roller Rocker Arm MOTOR STANDART

New Roller Rocker Arm MOTOR STANDART
Sebagai produk pelopor teknologi bidang otomotif masa kini, Honda telah melengkapi produknya dengan Roller Rocker Arm. Bagaimana cara kerjanya?Untuk menjadikan tenaga pada motor bakar, tenaga yang dihasilkan berasal dari pembakaran di dalam cylinder, campuran bahan bakar dan udara dibakar di dalam ruang tertutup. Model pembakaran ini mendorong piston meluncur dan menggerakkan crankshaft yang kemudian dengan suatu mekanisme menggerakkan roda. Campuran bahan bakar udara serta hasil gas sisa pembakaran masuk dan keluar melalui katup atau klep yang digerakkan oleh camshaft, baik klep buang maupun klep isap.
Pada engine tipe SOHC (Single Over Head Camshaft) untuk mengoperasikan klep camshaft dibantu dengan sebuah part pengungkit yang disebut rocker arm, yakni merupakan part dengan sebuah poros yang melintang di tengah batang. Sebuah ujungnya mendapat tekanan dari camshaft yang berputar, sedangkan unjung yang lain akan menekan batang klep bila salah satu ujung mendapat tekanan camshaft. Pada ujung yang ditekan camshaft ini, batang rocker arm berbentuk seperti sepatu dengan bidang berupa busur lingkaran.
Bidang tersebut mendapat tekanan yang hebat dan akan aus akibat gesekan yang terjadi. Selain kerusakan part akibat gesekan, kehilangan tenaga untuk operasional buka tutup klep juga besar. Akibatnya tenaga engine yang dapat disalurkan ke roda belakang juga banyak berkurang.
Maka untuk mengurangi resiko itu, Honda mengembangkan teknologi  roller  rocker arm. Pada teknologi, bidang gesek diganti dengan sebuah roller (semacam leher atau ring tebal yang dapat berputar). Dengan adanya bidang roller tersebut tidak terjadi gesekan antara rocker arm dengan camshaft. Sehingga tenaga operasional klep juga menjadi jauh lebih kecil, di sisi lain part (camsaft dan rocker arm) menjadi jauh lebih awet dibadingkan yang bergesekan. Teknologi Roller Rocker Arm sendiri telah di terapkan Honda di Indonesia sejak awal tahun 2000. Di mana saat ini merk lain masih belum banyak menggunakannya.
“Untuk lebih mudahnya, mari kita analogikan kursi dengan roda dan kursi tanpa roda dengan seorang yang duduk di atas kursi,”. Roller rocker arm ibarat sebuah kursi roda, walaupun mendapatkan beban yang sama besar tetapi mendorong sebuah kursi roda jauh lebih ringan dan mudah dibandingkan kursi tanpa roda. Sehingga lantai dan alas kaki kursi juga jauh lebih awet.
Pada generasi baru ini bidang gesek pada poros rocker arm dengan batang rocker arm dilengkapi dengan bantalan bambu (Needle Bearing). Dengan adanya needle bearing ini tentunya gesekan yang terjadi semakin minim, sehingga tenaga engine semakin besar dan engine semakin awet. Supra X 125 Helm In merupakan motor pertama yang menggunakan roller rocker arm model terbaru dengan teknologi New rocker arm  di atas…? tarikannya joss atau tidak….... ya  utarakan di kolom komentar.  
Semoga Bermanfaat. 


Tag : CUB, Engine, MATIC, Motor, SPORT
1 Komentar untuk "New Roller Rocker Arm MOTOR STANDART"

Back To Top