MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Merawat Radiator Motor Motor Standart

Merawat Radiator Motor
Melanjutkan artikel yang lalu masih mengenai radiator, kali ini saya akan berbagi bagaimana cara yg benar merawat radiator. Iklim yang tak stabil disertai hujan yang turun secara deras, dapat menimbulkan masalah pada komponen-komponen motor tertentu. Salah satunya yang dapat bermasalah adalah radiator yang bertugas menjaga suhu mesin agar tetap stabil. Penyebab umum yang membuat radiator bermasalah adalah genangan air berlumbur yang akan menyebabkan radiator kotor. Kalau sudah begini, radiator harus pula sering-sering dibersihkan. Posisi radiator pada motor sport berada dibawah tangki bensin.Posisi ini lebih aman dibandingkan pada skutik seperti vario techno 125 yang radiatornya berada di kanan bawah dekat knalpot. Posisi ini sangat rentan karena mudah kena percikan air atau kotoran. Namun pada dasarnya mau motor sport atau matic, perawatan radiator itu sudah seharusnya dilakukan agar mesin tidak overheat. Apalagi pada musim hujan yang dimana biasanya motor akan lebih kotor, radiator harus sering dibersihkan.

Berikut tips ringan merawat radiator agar awet;
Cek penampung (reservoi) cairan cadangan. Untuk skutik berada dibalik jok, sedangkan sepeda motor sport disisi kiri. Jangan sampai kering, lakukan pengecekan minimal seminggu sekali. Isi cadangan cairan sesuai batas upper dan lower
Harus menggunakan cairan khusus (coolant) karena mengandung bahan pencegah karat, kerak, mengurangi pengupan dan stabilitas suhu. Jangan menggunakan air murni karena tidak punya sifat seperti coolant.
Bersihkan secara rutin, apalagi setelah terendam banjir. Kotoran yang menempel pada kisi-kisi membuat sirkulasi udara terganggu. Untuk membersihkannya cukup semprot dengan air bertekanan sedang. Jangan terlalu kencang, karena bisa merusak kisi-kisi. Utuk kotoran yang membandel, cabut secara manual alias menggunakan tangan atau pinset.
Karet tutup radiator harus diperiksa secara berkala, setiap 8000km. Pengecekan cukup dilakukan dengan melihat kondisi resevoir. Jika isi tangki cadangan berkurang dengan cepat, berarti ada masalah pada sistem pendingin.sekian dari saya, 
Semoga Bermanfaat.
Tag : Electric, MATIC, Motor
0 Komentar untuk "Merawat Radiator Motor Motor Standart"

Back To Top