MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenal Lebih Jauh tentang Radiator

Mengenal Lebih Jauh tentang Radiator
Anda, sekarang  bisa menyebutkan motor Honda apa saja yang menggunakan radiator? Ya, sebagaimana kita tahu beberapa motor Honda dengan mesin injeksi keluaran baru sudah menganut sistem pendinginan menggunakan cairan alias water cooler. Nah kita bahas dari awal dulu ya apa sih sebenernya radiator dan kenapa harus pakai radiator. 
Radiator adalah bagian dari sebuah sistem pendinginan mesin untuk meredam panas hasil  pembakaran bahan bakar. Sistem pendinginan mesin terdiri dari beberapa part seperti :
1. Radiator. Part yang terlihat banyak kisi-kisi atau celah-celah kecil yang tersusun rapi berbahan aluminium. Dan biasanya diletakkan di depan mesin menghadap angin masuk.
2. Kipas radiator. Part yang berfungsi membantu memaksimalkan proses pendinginan radiator. Walaupun radiator dah terbuat dari bahan aluminium yang terbukti baik dalam penyerapan dan pelepasan panas, namun pada suhu tertentu yaitu diatas 80 derajat celcius, sangat memerlukan bantuan pendingin radiator dengan kipas ini, sehingga temperatur mesin dapat di jaga lebih ideal. Kipas ini juga membantu saat pendinginan mesin motor Honda-mu dikala macet macetan. Jadi angin masih tetap didapat dan dihembuskan.
3. Water Pump. Atau disebut pompa cairan radiator yang berfungsi mensirkulasikan cairan radiator dari silinder block (water jacket) lalu head untuk mengambil panas lalu cairan masuk ke radiator untuk dibuang panasnya. Pompa ini bekerja terus-menerus selama mesin bekerja, ada yang menggunakan putaran crankshaft, ada juga meminta putaran noken as alias camshaft, bahkan ada pula yang memakai pompa elektris yang diputar oleh aki. Pompa air ini menggunakan type pompa sentrifugal yang menggunakan sudu-sudu atau propeler untuk menimbulkan tekanan atau head energy agar dapat bersirkulasi ke seluruh lintasan selang radiator.
4. Thermo Sensor. Piranti ini berfungsi membaca suhu cairan yang keluar dari silinder head atau mesin dan akan mau masuk ke radiator. Penempatan ini dimaksudkan agar suhu yang dibaca merupakan suhu panas yang terjadi di silinder head.
Nah setelah kita kenal apa radiator dan part pendukungnya sekarang kita bahas kenapa harus pakai radiator.
Pertama nih, mesin tersebut biasanya mempunyai kompresi yang tinggi sehingga hasil pembakarannya menimbulkan panas yang lebih dari mesin dengan kompresi lebih rendah. Nah dengan panas yang lebih ini biasanya mesin tidak sanggup hanya didinginkan oleh kisi kisi mesin. Jadi harus dibantu dengan radiator.
Kedua, mesin kondisi tertutup dan susah mendapatkan asupan udara maksimal. Contoh : mobil dan motor berfairing. Kap mesin atau fairing menutupi hampir seluruh mesin sehingga mesin tidak dapat bernafas dengan lega.
Oke, selanjutnya kelebihan dan kekurangannya menggunakan radiator pada motor Honda. Kita mulai dari kelebihannya nih, yang jelas mesin bisa dalam kondisi panas ideal secara konstan. Dimana pembakaran tidak akan terganggu dengan panas berlebih saat mesin bekerja yang biasanya bikin pembakaran jadi ngaco karena bahan bakar terbakar lebih dahulu sebelum waktunya. Selanjutnya dengan suhu yang terjaga ini mesin akan bekerja sempurna sehingga tenaga pun sempurna.
Kelebihan selalu ditemani oleh kekurangan, nah radiator ini biasanya lebih mahal sehingga harga kendaraannya pun akan lebih mahal. Yang selanjutnya adalah perawatan yang harus ekstra. Bila salah satu part system pendinginan yang disebutkan di atas mengalami kerusakan atau tidak bekerja sempurna maka pendinginan akan tidak maksimal dan kerusakan mesin menghantui. Seperti cylinder head melenting dan sebagainya.
Nah sekarang anda tinggal pilih, Air cooled or water cooled? Semua punya kelemahan dan keunggulan masing-masing!
Sekian dulu share saya kali ini, Semoga Bermanfaat
0 Komentar untuk "Mengenal Lebih Jauh tentang Radiator"

Back To Top