MOTOR STANDART. Diberdayakan oleh Blogger.

Over bore, Over stroke, Square engine

Over bore, Over stroke, Square engine

Over Bore/Over Square

Jenis sepeda motor seperti ini memiliki diameter  piston yang lebih besar ketimbang langkah  piston. Karakteristik mesin ini memiliki tenaga dan torsi pada RPM menengah hingga tinggi, biasanya di aplikasikan pada motor-motor sport. Jenis mesin seperti ini tidak cocok untuk daerah perkotaan yang macet. 
Contoh:Honda CS1:58mmx47,2 mm

Over Stroke/Under Square
Jenis motor ini berarti memiliki langkah piston yang lebih panjang ketimbang diameter piston. Karakteristik mesin seperti ini memiliki tenaga dan torsi pada RPM rendah hingga menengah. Motor jenis ini sangat cocok untuk motor harian. Ibarat mobil ini merupakan jenis SOHC. Tetapi kelemahan dari jenis motor ini adalah minimnya tenaga dan torsi pada RPM tinggi, sehingga tidak menghasilkan tenaga yang signifikan tetapi menghasilkan getaran dan suara mesin yang tinggi.
Contoh: (bore x stroke) .Honda Supra X 125: 52,4 mm x 57,9 mm

Square engine
adalah panjang stroke sama dengan panjang bore. Toleransi kategori mesin disebut mesin square ialah kurang lebih 0,5 mm. Kelebihan mesin square ialah tenaga mesin merata pada setiap kecepatan kendaraan. Intinya, mesin square itu diantara overstrokedan overbore. Kekurangannya hampir tidak ada. Mungkin kekurangannya jika kita membandingkan dengan mesinoverstroke, mesin square kalah pada besarnya torsi, sedangkan dengan mesin overbore, mesin square ini kalah pada kemampuan kendaraan untuk menggapai kecepatan tertinggi.
Contoh:Yamaha F1ZR: 52 mmx52 mm


Ketiga mesin di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika mengacu pada efisiensi bahan bakar, itu mesti dihitung dengan aspek-aspek lain seperti bobot kendaraan, gaya berkendara seseorang, dan lain-lain. sekian dari, semoga tulisan ini setidaknya dapat memberi wawasan mengenai mesin kendaraan. Sekian dan terima kasih.semoga bermanfaat



Tag : CUB, Engine, MATIC, Motor, SPORT
0 Komentar untuk "Over bore, Over stroke, Square engine"

Back To Top